Indonesia di peringkat FIFA terbaru

((Bisnis Indonesia))

Di tengah kisruh kepemimpinan PSSI, tim nasional Indonesia menempati posisi 129 dalam peringkat negara yang dirilis FIFA per 9 Maret 2011 hingga 13 April 2011.

Dalam situs resmi FIFA, timnas Garuda tercatat memiliki poin 201 dan tak mengalami perubahan apapun dalam sebulan terakhir. Posisi yang tak berubah sejak Februari itu, sebenarnya di bawah pencapaian Januari di mana timnas Garuda tercatat memiliki poin 224 karena berhasil mengumpulkan 13 poin selama Desember 2010 sehingga berhak naik setingkat di posisi 126 atau setingkat di atas Yaman.

Di wilayah Asia Tenggara, Thailand masih menjadi yang terbaik dan berada peringkat 118 dengan poin 247 atau naik dua peringkat meskipun hanya meraih dua poin selama Februari. Vietnam menjadi tim ketiga terbaik dalam soal peringkat, dengan posisi 134 dunia (172 poin) meski selama Februari tak mendapatkan poin apapun.

Malaysia yang menjadi juara Piala AFF 2010, berada dalam peringkat FIFA ke 138 dengan tambahan dua poin menjadi 145 poin. Posisinya tepat di atas Singapura yang meski mendapatkan tiga poin pada Februari sehingga mengumpulkan 142 poin.

Sejak 1993,peringkat Indonesia paling tinggi terjadi pada September 1998 di posisi 76 dunia, sedangkan peringkat terendah pada Desember 2006 ketika bertengger di 153 dunia.

Khusus di level Asia, Indonesia memiliki posisi 19 atau tepat di atas Vietnam, Malaysia, Singapura secara berturut-turut. Thailand naik dua peringkat ke posisi 17. Posisi pertama di level AFC dikuasai sang juara Asia Jepang, Australia, diikuti Korsel, Iran dan China.

Di sisi lain, Indonesia hanya menempati peringkat 24 Asia, untuk undian Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Sementara jawara Asia, Jepang, menempati peringkat satu Asia, untuk undian yang akan dilakukan pada 30 Maret mendatang.

Korea Selatan ada di posisi kedua dua di bawah Jepang. Korsel lebih baik setingkat dari Australia yang ada di peringkat ketiga. Posisi keempat ada Korea Utara, disusul Bahrain, Arab Saudi dan Iran.

Wakil Asia Tenggara yang mendapat peringkat paling baik adalah Thailand dengan ada di posisi 18. Malaysia ada di posisi 28 dan Vietnam ada di tempat 34.

Sementara itu, untuk level dunia posisi teratas masih dikuasai juara dunia 2010 Spanyol, diikuti Belanda, Jerman, Brasil dan Argentina.

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi