Honda andalkan Jazz, CR-V dan Freed

PT Honda Prospect Motor (HPM) menargetkan penjualan sebanyak 47.000 unit pada tahun ini, dengan mengandalkan tiga model inti yakni Jazz, CR-V dan Freed.

Tahun ini, HPM selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda di Tanah Air akan memusatkan perhatian untuk peningkatan penjualan sekaligus pelayanan terhadap pelanggan.

Yukihiro Aoshima, Presdir PT HPM mengatakan fundamental pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah cukup baik, antara lain suku bunga yang rendah dan nilai tukar rupiah yang stabil.

"Dengan kondisi itu, kami bisa memprediksi akan terjadi penjualan otomotif di Indonesia sbanyak 566.000 unit pada tahun ini. Angka itu meningkat 16,4% dibandingkan dengan 2009," katanya dalam Honda New Year Media Gathering, hari ini.

Untuk Honda sendiri, kata Aoshima, melihat tren penjualan tiap produk yang positif hingga akhir tahun.

"Kami yakin penjualan kami juga akan ikut meningkat," ujarnya.

Pada 2009, HPM melego sebanyak 39.570 unit kendaraan di pasar domestik. Apabila ditambah dengan kinerja ekspor Honda Freed sebanyak 1.104 unit, total penjualan HPM tahun ini mencapai 40.674 unit.

Honda Jazz merupakan produk dengan angka penjualan tertinggi di antara jajaran produk-produk Honda. Sepanjang 2009, Honda Jazz bertahan menjadi pemimpin pasar dengan 48% market share dan total penjualan 15.713 unit. Di bawah Honda Jazz, Honda CR-V mencatat penjualan 10.110 unit dan mengantongi 34% pangsa pasar, tertinggi di kelas sport utility vehicle (SUV).
Produk terbaru, Honda Freed, yang diluncurkan HPM pada akhir Juni 2009 langsung menjadi salah satu produk terlaris di Indonesia dengan total penjualan 8.900 unit. Produk ini meraih pangsa pasar sebesar 14% di kelas kendaraan multi purpose vehicle (MPV).

Bulan lalu, HPM mengekspor Honda Freed ke Thailand, Brunei Darussalam dan Singapura dengan volume total 1.104 unit.

Di segmen sedan, Honda City meraih penjualan 2.526 unit dengan pangsa pasar 35%. Model Civic pun kembali menjadi pemimpin pasar di kelas small sedan dengan 44% pangsa pasar. Untuk Accord terjual 666 unit sepanjang 2009 dengan meraup 17% pangsa pasar di kelas medium.

Aoshima menjelaskan pencapaian penjualan Honda tersebut didukung oleh komitmen kuat untuk memberikan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

"Komitmen kami untuk pelanggan tidak pernah berkurang, seperti pembukaan diler, penambahan fasilitas diler, penyempurnaan sistem layanan terhadap konsumen hingga peluncuran produk baru," paparnya.

Selama 2009 hingga Januari 2010, HPM telah membuka 6 diler baru, di Bangka, Salatiga, Tangerang, Pekanbaru, Jakarta dan Balikpapan, Jumlah itu melengkapi total diler resmi Honda menjadi 90 diler.

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh