Arthakencana Rayatama borong rights issue Aneka Kimia

PT Arthakencana Rayatama pemegang saham mayoritas PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk membeli 420 juta lembar saham yang dilepas dalam rights issue senilai Rp361,2 miliar, atau masih lebih rendah sekitar 200 juta dari rencana awal sebanyak 627,66 juta lebar senilai Rp539,79 miliar.

Direktur Komersial AKR Suresh Vembu mengatakan Arthakencana telah melakukan penempatan saham baru sebanyak 420 juta lembar saham di AKR Corporindo setelah melalui proses book building semalam. Proses book building (pembentukan harga saham) itu, katanya, dikelola oleh CLSA dan Bahana Sekuritas.

“Arthakencana juga mengkonfirmasikan bahwa mereka akan mengambil seluruh haknya dalam rights issue kali ini,” katanya melalui pesan singkat yang diterima Bisnis, hari ini.

Sebelumnya, dalam prospectus penawarannya AKR melakukan penawaran umum terbatas II untuk penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu kepada pemegang saham. Sebanyak-banyaknya 627,66 juta lembar saham biasa atas saham baru ditawarkan dengan nilai nominal Rp100 per lembar ditawarkan.

Setiap lima pemegang 5 saham lama yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 2 Februari 2010 memiliki 1 hak memesan efek terlebih dahulu, dengan setiap hak bisa digunakan untuk membeli satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp860 per lembar.

Jumlah saham yang ditawarkan dalam penawaran tersebut merupakan jumlah maksimum yang seluruhnya akan dikeluarkan dari portepel serta akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Dengan jumlah penawaran saham tersebut, diperkirakan nilai total saham yang ditawarkan dalam penawaran ini maksimal senilai Rp539,79 miliar.

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi