Nokian Tire incar Multistrada

JAKARTA (Bisnis.com): Perusahaan ban Eropa Nokian Tire Plc dan produsen ban dari Korsel Hankook Tire menjajaki kemungkinan membeli mayoritas saham emiten ban merek Corsa dan Strada PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA).

Satu bankir investasi yang mendengar informasi itu mengatakan Nokian dan Hankook beberapa waktu lalu telah bernegosiasi dengan pemegang saham pengendali Multistrada.

"Negosiasi telah dimulai beberapa waktu lalu, tetapi pemegang saham pengendali Multistrada meminta Nokian dan Hankook menaikkan harga penawaran," ujarnya kepada Bisnis.com siang ini.

Hingga berita ini diturunkan, Bisnis.com tidak berhasil menghubungi Presiden Direktur MASA Pieter Tanuri untuk dimintai konfirmasinya.

Hankook adalah produsen ban terbesar ketujuh di dunia yang menghasilkan ban radial untuk mobil penumpang, truk ringan, truk, dan bus. Penjualan Hankook mencapai 180 negara di dunia dengan mengantongi 70% dari penjualannya di pasar ekspor.

Nokian Tire adalah produsen ban yang juga membuat ban khusus untuk cuaca tertentu seperti bersalju, kondisi di hutan, dan ban untuk berbagai musim. Pada 2009, Nokian mencetak penjualan bersih 798,5 juta euro.

Multistrada sedang menyiapkan ekspansi agresif dengan mendongkrak kapasitas produksi ban dengan memanfaatkan pinjaman US$200 juta yang kini diatur oleh CIMB Niaga dan HSBC.

Berdasarkan riset dari Pefindo, MASA diperkirakan mencetak penjualan Rp1,69 triliun pada tahun lalu dengan laba bersih Rp165 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya penjualan Rp1,33 triliun dengan laba bersih Rp2,97 miliar. (wiw)

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi