Wednesday, May 4, 2011

Berapa jumlah penonton sinetron Indonesia?


Nielsen mencatat peningkatan jumlah penonton sinetron hingga 51% dari rata-rata 969 ribu orang pada kuartal pertama 2010 menjadi 1,4 juta orang pada periode yang sama tahun 2011.

Menurut Manager Media Client Services Nielsen, Andini Wijendaru, di Jakarta, Selasa (3/5), sebagian besar pemirsa sinetron adalah perempuan berusia 30 tahun ke atas dari kelas menengah ke bawah.

Survei yang dilakukan Nielsen pada populasi televisi yang terdiri atas 49,5 juta individu usia di atas lima tahun pemirsa di sepuluh kota besar juga menunjukkan kenaikan waktu menonton sinetron.

Menurut data Nielsen, pada kuartal pertama tahun 2010 waktu menonton serial sinetron total 42 jam, meningkat menjadi 64 jam pada periode yang sama tahun 2011.

"Sebaliknya, mereka mengurangi jam menonton program hiburan seperti komedi, kuis, game, musik dan sebagainya," katanya.

Menurut Andini, waktu menonton program hiburan tercatat berkurang dari 50 jam menjadi 41 jam seiring dengan berkurangnya pasokan program hiburan.

"Sinetron yang paling banyak ditonton adalah sinetron berjudul PUTRI YANG DITUKAR dengan rata-rata jumlah penonton lebih dari satu juta orang," katanya.

Nielsen juga mencatat pemirsa di kota Banjarmasin, Bandung dan Makassar sebagai pemirsa yang paling setia menonton tayangan sinetron. (antara)

No comments: