Kasus Anak Pejabat Pajak dan Instruksi Sri Mulyani Indrawati

 Lagi-lagi soal pajak.

Saat ini warga jagat maya atau Netizen lagi dihebohkan dengan kejadian pengeroyokan yang melibatkan anak dari pejabat Ditjen Pajak.



Sri Mulyani merespons kasus pengeroyokan yang diduga dilakukan anak Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak atau Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo bernama Mario Dendy Satriyo alias MDS. 

Tentu yang direspons bukan soal pengeroyokan, tetapi dia menyoroti gaya hidup mewah yang jadi bahasan dalam keterkaitan dengan kasus tersebut.

(https://metro.tempo.co/read/1694622/anak-pejabat-pajak-yang-keroyok-pelajar-bawa-jeep-rubicon-sri-mulyani-kecam-gaya-hidup-mewah)

MDS telah mengeroyok pelajar SMA berinisial D di Perumahan Green Permata, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Senin, 20 Februari 2023. 

Hingga kini, anak salah satu pengurus Pimpinan Pusat GP Ansor tim cyber itu koma dan dirawat di ICU Rumah Sakit Permata Hijau. Sementara MDS ditahan di Polsek Pesanggrahan.

Dalam postingan instagram, Sri Mulyani memberikan respons terhadap potongan berita pengeroyokan tersebut yang dicaptured dari salah satu media online, dengan pernyataan sebagai berikut

Saya menginstruksikan tim Kemenkeu sbb:

1) Kemenkeu mengecam tindakan kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan - dan mendukung penanganan hukum secara konsisten oleh instansi yang berwenang.

2) Kemenkeu mengecam gaya hidup mewah yang dilakukan oleh keluarga jajaran Kemenkeu yang menimbulkan erosi kepercayaan terhadap integritas Kementrian Keuangan dan menciptakan reputasi negatif kepada seluruh jajaran Kemenkeu yang telah dan terus bekerja secara jujur, bersih dan profesional.

3) Kemenkeu terus melakukan langkah konsisten untuk menjaga integritas seluruh jajaran Kementrian Keuangan, dengan menerapkan tindakan disiplin bagi mereka yang melakukan korupsi dan pelanggaran integritas. Irjen Kemenkeu melakukan langkah sesuai aturan untuk penyelidikan jajaran yang ditengarai melanggar aturan dan Kemenkeu terus melakukan tindakan disiplin sesuai aturan ASN yang berlaku.

Kepercayaan publik adalah hal esensial dan fondasi yang harus dijaga bersama dan tidak boleh dikompromikan oleh seluruh jajaran Kemenkeu.

Terimakasih kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan yang terus ikut memonitor dan menjaga kami.

Mari kita jaga dan bangun bersama Indonesia.

Jakarta, 22 Februari 2023.

Bagi saya, respons Sang Menteri layak untuk diapresiasi karena tegas dan mencerminkan komitmen yang tinggi untuk disiplin menjaga integritas jajaran Kementerian Keuangan.

Selama ini, jajaran Kemenkeu memang kerap membuat iri aparatur negara lainnya. Mereka menganggap pendapatan yang diterima jajaran Kemenkeu jauh di atas aparat kementerian lain. Insentif bejibun, gaji menumpuk. 

Bahkan, ada yang melabeli Kemenkeu sebagai Kementerian Sultan. Kabarnya begitu sih

Dalam benak saya, istilah sultan di zaman now ini memang tak berkurang maknanya. Sultan adalah raja, dan sudah pasti kaya.

So jika ada kasus di Kemenkeu, jelas saja akan menjadi sasaran gibah netizen.

Baca saja komentar yang ada di postingan ibu Menkeu tentang pengeroyokan tersebut.

@andivox

Verified

Terima kasih atensinya untuk kasus ini bu. Btw mohon dibantu tengok-tengok gaya hedon anak pejabatnya bu, paket komplit dengan arogansinya ????

@bungciters

Punya Camry, Rubicon, HD Street Glide, Triumph Thruxton, dan entah apalagi beserta harta 50M. Fix KKN pasti itu bapaknya apalagi jabatannya cuma begitu.

@soeklat

Minggir kalean yg gembar-gembor jadi pengusaha. Jadi pegawai pajak aja lah, Kabag bisa punya harta 56 M, belum punya Rubicon, Harley dan harta yg tersembunyi. Hidup PNS!! Hidup pegawai pajakkkk!!!

@janwarkamil22

Pembuktiaan terbalik harta yang dipamerkan seperti rubicon dan moge bu biar tidak menjadi kecurigaan????.. Katanya tidak terdaftar d LHKPN

Bagi saya lagi, persoalan ini jelas sangat tidak menguntungkan Ditjen Pajak. Kasus Gayus hingga Angin Prayitno Aji masih melekat erat di benak.

(https://money.kompas.com/read/2021/11/26/061927926/daftar-9-mafia-pajak-indonesia-gayus-denok-hingga-angin?page=all)

Mana ini juga menjelang pelaporan SPT Pajak pula? Bisa jadi banyak orang yang akan risih dengan hal-hal Pajak.

So berat benar kerja bu Sri Mulyani Indrawati.

Tapi saya tetap percaya dengan pemerintah dan upaya Ditjen Pajak untuk terus berbenah memberikan yang terbaik.

Mari kita sama-sama dukung pemerintah!

Ibu tertarik jadi Gubernur BI saja bu?


Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi