The Heart in Side the Heart

Kejujuran adalah kunci dari sebuah hubungan, namun tidak dapat dipungkiri setiap orang mempunyai rahasia yang ingin disimpan sendiri. Asalkan rahasia tersebut tidak menyeramkan atau membahayakan hubungan rumah tangga, tak ada salahnya seorang suami atau istri menyimpan rahasia dan tidak mengungkap ke pasangan.

Alexandera Dewi, penulis buku The Heart in Side the Heart: Susahnya Menyatukan Dua Hati memberikan contoh rahasia yang sebaiknya disimpan sendiri. Yang pertama adalah, jangan menceritakan perselingkuhan yang dilakukan seorang teman.

"Kisah teman tersebut adalah rahasia antara anda dan teman anda. Selain tidak etis membeberkan aib orang, suami Anda akan menjadi paranoid. Dia dapat saja berfikir kalau sang istri juga melakukan hal yang sama," terang Dewi, saat ditemui setelah peluncuran bukunya di Jakarta, Kamis (23/4).

Kedua, jika seorang istri mengalami fantasi seks dengan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan suami, asalkan tidak berlanjut maka pengalaman tersebut cukup disimpan seorang diri.

Dan yang ketiga, pendapat mengenai keluarga sang mertua. "Kalau istri mempunyai pendapat negatif tentang keluarga mertua, sebaiknya disimpan dulu. Misalnya jika suami bertengkar dengan dengan saudara kandungnya, istri jangan mengutarakan pendapat atau ikut campur. Diamkan saja, nanti mereka juga berbaikan sendiri," kata Dewi.

Begitupun sebaliknya, lanjut Dewi, istri sebaiknya tidak memaksakan suami untuk menceritakan seluruh rahasia yang ada di dalam keluarga suami, misalnya kenapa suami tidak dekat dengan kedua orang tuanya, atau kenapa suami selalu konflik dengan saudaranya.

"Lebih baik pembicaraan difokuskan bagaimana cara memperkuat hubungan rumah tangga sendiri," sarannya.

Begitu pun dengan masalah pekerjaan, kata Dewi, jangan membuat suami mengulangi hari-hari yang melelahkan. Jika suami tidak merasa nyaman, jangan paksakan untuk bercerita. "Mungkin saja setelah sampai di rumah sang suami justru ingin melupakan kejadian tersebut" imbuh Dewi.

(http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/04/23/1947389/Tak.Ada.Salahnya.Sembunyikan.Rahasia.dari.Pasangan)

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi