Dua malam di Bukittinggi…

Dua malam di Bukittinggi…

Jumat 19 Desember pukul 9.30, JT350 mendarat mulus di Bandara Minangkabau. Kali ini tak ada keluhan berarti dengan singa terbang ini, meski nomor kursinya tak pas berederat.
Antrio ambil bagasi lumayan lama, Cuma tiga item, 1 koper, 1 kardus kecil dan 1 tas luggage cap Garuda.
Reza,, Sandy, dan mertua pun udah menanti. Ale yang dinanti dan jelas bukan saya.
Sandy sudah cukup tinggi untuk anak kelas 13 sedangkan Reza punya dua kaki yang kuat sebagai anak 3,5 tahun.
Mobil pun meluncur ke arah Bukittinggi, mampir di Sicincin untuk makan sebentar di Lamun Ombak.. kata orang rumah makan ini lumayan enak. Dan itu bukan bualan… kepala ikan, kuah rendang, lado ijo, tambah jeruk panas membuat saya kembali memiliki selera makan. Yang terpenting, makan enam orang Cuma membayar Rp127.500,-.. gile ndro, kagak nyampe pekgo.
Cuaca panas saat itu,… yang pasti makes me sweat… apa karena baru makan enak jadi berkeringat ya..? kata orang kalau badan sehat terlihat habis makan.. pasti berkeringat……
Masuk Padang Panjang, lewati banyak site (situs) menyegarkan mata.. mulai dari Padang Golf, Air Mancur (Aia Mancua.. hehehe.. dikit-dikit bisa logat minang oiii..), this object becom my favo place,, Sate Mak Syukur, Bika ambon samping kebun sayur organik…sampai deretan durian dan l;angse di samping jalan…
Masuk Bukittinggi disambut gerimis dan angin segar yang benar-benar dingiiinnnnnn…… tak sempat Jumatan pula.. ..
Tiba di rumah, Tarok dipo, gugukpanjang….langsung rebahan…Ada yang kelupaan.. . tak sempat mandi…Mandi menjadi ritual yang wajib bila tak ingin kena Bukit Fever…. Penyakit bersin-bersin dan pulek yang membuat tidur malam menjadi tak nyenyak…
Namun, sore hari masih sempat naik bendi ke pasar atas cari durian.. malah dapatnya di pasar Banto.. selemparan batu dari pasar atas…. Kedua pasar ini tak lebih 500 meter dari Jam Gadang.. monumen andalan Bukitinggi dan hanya berjarak 5000 perak naik bendi dari rumah mertua.
Naik bendi atau naik kudo.. menjadi favorit bagi Ale… dia memang paling suka lihat kuda.. lambang kejantanan kali ya….
Kembali soal durian… kali ini durian Kamang…(entahlah… istilah dari mana…?) Rp7.000 per buah. … dan 10 buah pun terangku di bendi.. menuju rumah…tak teraso nikmatnyo…. Saya cuma tahu durian di Sumbar itu berasal dari Medan dan SIlungkang.
Sabtu 20 Desember… Kebun binatang Bukittinggi baru saja buka, penjual kacang dan balon sabun buat anak-anak berteriak menawarkan dagangan…..karcis masuk pun cuma Rp5.000.
Arena rusa bertanduk tinggi menjadi gerbang pembuka bagi Ale dan Reza memberikan kacang… lumayan setengah bungkus kacang kering yang doseng-oseng… menjadi santapan para rusa.
Kandang rusa berkuku genap menjadi tempat kedua… mebagi-bagi kacang…. Tak lama 2 ekor gajah besar pun melambaikan belalai memanggil kami…. Jepret-jepret… puas berpose..
Ale berlari menuju kandang burung-burung… mulai dar Burung Hantu sampai ayam puyuh…
Kandang Monyet, Siamang, trus gorila menjadi favorit berikutnya…. Dan RUMAH GADANG pun jadi asaran adu balap dua bocah ini…jepret-jepret lagi pakai Nokia N958GB luamayan bagus… sayang videonya pakai MP4 jadi tak compatible dengan W980 8GB yang baru saya dapat…
Pulang dari kebun binatang.. mampir di pasar atas cari sayuar dan makanan… singgah ke Ketupek si Apek…lokasinya di antara pasar atas dan pasar bawah… Ketupat sayur dengan bumbu kacang manis ini makanan yang juga saya suka sejak sewindu lalu menginjakkan kaki ke bukittinggi.
Pak, bungkuws ciek… tambo cindua tigo gale…..(cendol tiga gelas itu ternyata malah tambah bikin haus.)….
Kripik balado tak saya beli… tak paham diriku kalo elvani, gombang nan cengka dan lainnya pada memesan… sorry guys….
Minggu, pukul 8.45, saya duduk mengantuk di ruang tunggu Bandara Minangkabau.. JT353 terlambat dan baru tiba pukul 10.. whuuuaaah ngantuk, soalnya dari Bukittinggi sekitar 71 km itu jam 6.30.
Pukul 12.04, saya tiba di rumah, pesan mie ayam…nyam-nyam,… trus ke kantor…. Ngedit berita dan nulis note ini.


SalamFaa

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi