Spin Doctor

Senyum dan tawa hanya pelengkap sempurnanya sandiwara. Saya masih terkesima dan tetap saja penasaran siapa sih yang jadi pi-ar (public relation) kasus Manohara? mereka luar biasa!!!. Kata kawan saya, senyum Manohara jadi gunjingan oleh media Australia.

Salut bagi pi-ar Manohara, tetapi kenapa para capres tidak ada yang menyewa mereka ya? padahal efeknya begitu luar biasa sampai ke ibu-ibu rumah tangga. Band D'Cinnamons yang ngaku gak suka nonton tivi aja, mau berkomentar soal Manohara.

Spin Doctor, itu mungkin gelar bagi para pi-ar yang sukses menjejalkan citra seseorang atau produk ke dalam benak publik. Dan mereka jelas bukan band rock asal Amrik yang menyanyikan Two Princess.

Salah satu tivi swasta kemarin menayangkan satu segmen berdurasi 20 menit bagaimana spin doctor bekerja 24 jam tanpa terlihat publik dan mengantar seseorang jadi presiden, perdana menteri dan bahkan kanselir.

Seorang Francois Mitterand, Jacques Chirac, Bill Clinton, Tony Blair, Gerhard Schröder, Boris Yeltsin, semuanya menjadi pemimpin karena peran spin doctor.

Sosialis merupakan partai Mitterand yang menjadikannya sebagai Presiden Republik ke-5 Prancis sejak 1981-1995, menggantikan Valéry Giscard d'Estaing. Mitterand yang wafat 8 Januari 1996 digantikan Chirac. Sebanyak 2 orang spin doctor dari bidang komunikasi (bukan politik) dibutuhkan untuk mendongkrak popularitas Chirac.

Sama-sama muda membuat sejarah Clinton dan Blair hampir mirip. Mereka berdua adalah baby boomers. Clinton merupakan guru dari Blair terutama soal politik.

Semua pasti tahu bagaimana Clinton mampu membawa harapan baru masyarakat Amerika Serikat yang bosan dengan gaya koboi George H. W. Bush Senior. Bapaknya Chelsea Clinton dan mantan Gubernur Arkansas ini menjabat dua kali masa jabatan presiden periode 20 Januari 1993 hingga 20 Januari 2001.

Suami Hillary Rodham Clinton ini dikemas dalam kampanye program yang sukses mengenai peningkatan mutu pendidikan, melindungi pekerjaan para orang tua yang harus mengurus anak-anak yang sakit, membatasi penjualan senjata api genggam, serta memperkuat aturan­ yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Skandal seks dengan seorang wanita muda pekerja magang di Gedung Putih, Monica Lewinsky menjadi isu politik yang sempat membuat popularitas Clinton terpuruk pada 1998.

Senat mengadili Clinton dan menjadikannya sebagai presiden AS kedua yang di-impeach oleh DPR AS. Dia terbukti tidak bersalah atas segala tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Spin doctor mengarahkan Clinton meminta maaf kepada seluruh rakyat AS atas perbuatannya dan terus mendapat dukungan untuk menjadi presiden.

Spin doctors juga berperan di politik Inggris. Mereka berhasil membuat kampanye Blair bertema Wajah Baru Partai Buruh mengungguli John Major yang program Back to Basics-nya terciderai banyak skandal anggota kabinetnya.

Sejarah terjadi pada pemilu 1997, Blair dengan Partai Buruh berhasil mengalahkan Partai Konservatif, atau pertama kali sejak sejarah Inggris modern.

Setahun berkuasa, Blair kian terpopulerkan dengan kesepakatan Good Friday dengan kelompok garis keras Irlandia Utara, setelah konflik 30 tahun. Mirip-mirip lah dengan Jusuf Kalla yang meredam konflik Aceh dan Poso.


Sensasi politik dibuat Blair dengan mengunjungi Jakarta pada 29 Maret 2006. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama oleh Perdana Menteri Britania Raya ke Asia Tenggara dalam 21 tahun terakhir. Perdana Menteri Britania Raya terakhir yang mengunjungi Jakarta adalah Margaret Thatcher pada 1985.

Schröder, yang menjadi Kanselir Jerman pada periode 1998-2005 menampilkan gosip kontroversi yang dibungkus isu lingkungan hidup (go green) sehingga mampu mengalahkan tokoh semacam Helmut Kohl.

Simbol 'Audi Man' melekat dalam sosol Gerhard Schröder karena tokoh Partai Sosial Demokratik ini menikah empat kali. Audi Man menunjukkan simbol 4 cincin pabrikan mobil Audi.

Sebutan Schröder lainnya adalah "The Lord of the Rings". Namun, kontroversinya soal Kosovo, Ossetia, maupun Grazprom dan poros Berlin-Moscow membuat Schröder dikalahkan Angela Merkel.

Spektrum pesona ciptaan spin doctor juga membungkus profil Boris Yeltsin di Rusia. Dia mengalahkan pasangan Mikhail dan Raisa Gorbachev sebagai pemimpin Rusia, ahli waris negara Uni Sovyet.

Sukses itu membuat Yeltsin pada 12 Juni 1991 dipilih sebagai presiden Republik Sosialis Soviet Rusia yang dibentuk menjadi federasi dengan 57% dari suara, sekaligus menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung di sejarah Rusia.

Segala puja-puji internasional diterima Yeltsin karena dia ditokohkan sebagai seorang demokrat mampu melawan usaha kudeta yang dilakukan oleh kaum komunis garis keras. Hal ini menjadikan Yeltsin sebagai orang terkuat di Kremlin.

Sayangnya dia sendiri menjadi seorang autokrat otoriter dan tidak pernah meraih kembali popularitasnya dan ia meninggalkan jabatan pada tanggal 31 Desember 1999 sebagai seseorang yang dibenci. Kematian ribuan jiwa di Chechnya menjadi rintihan pilu.

Seseorang mantan agen dan tokoh militer yang bertampang dingin Vladimir Putin, menjadi pengganti Yeltsin pada 1999. Si Boris ini meninggal dunia pada 23 April 2007 akibat gagal jantung, penyakit yang sukses disembunyikan para spin doctor dari publik selama 1 dekade.

"Saya memberikan belasungkawa saya kepada keluarga seorang laki-laki di mana di bahunya bertumpu banyak karya luar biasa yang baik untuk negara dan kesalahan besar -- nasib tragis" kata Gorbachev.

Saya masih berharap ada spin doctor yang bisa memoles pemimpin Indonesia menjadi tokoh kaliber global, bukan nasional apalagi pilkada.

Comments

Popular posts from this blog

PREMAN JAKARTA: Siapa bernyali kuat?

Dengan Vaksinasi, Ekonomi Bertumbuh, Ekonomi Tangguh

Preman Jakarta, antara Kei, Ambon, Flores, Banten dan Betawi